Suntikan Oli Sendi atau Suntikan Asam Hialuronat

//Suntikan Oli Sendi atau Suntikan Asam Hialuronat

Suntikan Oli Sendi atau Suntikan Asam Hialuronat

Suntikan Oli Sendi atau Suntikan Asam Hialuronat untuk Penanganan Osteoarthritis (Penuaan Tulang Rawan Sendi)

Sendi merupakan perhubungan antar tulang sehingga dapat digerakkan. Sendi bekerja seperti gigi roda, dimana mereka dapat bekerja secara optimal apabila terlumasi dengan baik. Pada sendi normal, terdapat kandungan asam hialuronat dalam cairan sinovial yang berfungsi sebagai pelumas sendi. Namun hal sebaliknya terjadi pada penderita Osteoarthritis. Dimana pada penderita Osteoarthritis terjadi kehilangan asam hialuronat yang terkandung dalam cairan sinovial. Hilangnya asam hialuronat tersebut dapat berujung pada nyeri sendi serta kekakuan sendi.

Osteoarthritis menyebabkan tulang rawan (kartilago) mengalami kerusakan secara perlahan. Tulang rawan adalah jaringan ikat padat yang kenyal dan elastis yang berfungsi menyelubungi ujung tulang pada persendian untuk melindunginya dari gesekan. Rusaknya tulang rawan pada penderita Osteoarthritis menyebabkan ujung tulang pada persendian saling bertumbukan dan mengalami gesekan. Rasa sakit atau nyeri pada sendi biasanya akan muncul ketika sendi digerakkan dan sensasi kaku akan terasa setelah sendi tidak digerakkan untuk beberapa waktu, misalnya saat bangun pagi.

Penanganan Osteoarthritis dilakukan untuk mengurangi gejala agar pasien tetap dapat beraktivitas dan menjalani kehidupan secara normal. Salah satunya adalah dengan pemberian suntikan pelumas sendi yang mengandung asam hialuronat yang disuntikkan ke dalam sendi. Orang awam sering menyebut obat tersebut sebagai penambah ”oli sendi”. Suntikan asam hialuronat ini berfungsi untuk menangani Osteoarthritis pada lutut dan beberapa sendi lain. Suntikan asam hialuronat berfungsi untuk memelihara tulang rawan dan jaringan sekitar sehingga dapat mengurangi enzim yang dapat merusak tulang rawan, memicu perkembangan jaringan yang lebih baik dan produksi cairan sinovial yang lebih baik.

Namun pada beberapa kasus, biasanya suntikan pelumas sendi hanya bermanfaat untuk Osteoarthritis ringan (stadium 1 dan 2). Sedangkan untuk Osteoarthritis berat (stadium 3 dan 4) obat tersebut bisa meredakan namun durasinya lebih pendek dalam mengurangi rasa nyeri, karena tulang rawan sendi pada umumnya tidak hanya menipis, tetapi telah hilang sama sekali sehingga tidak ada lagi tulang rawan yang tersisa untuk  dilumasi lagi. Untuk Osteoarthritis berat terutama stadium 4, pilihan pengobatan terbaik adalah operasi penggantian sendi.

 

SUMBER

https://video.search.yahoo.com/video/play;_ylt=AwrSbg7_h4xXVycAoURXNyoA;_ylu=X3oDMTEybDcxY3A1BGNvbG8DZ3ExBHBvcwMxBHZ0aWQDQjE5MTBfMQRzZWMDc2M-?p=hyaluronic+acid+injection+youtube&back=https%3A%2F%2Fsearch.yahoo.com%2Fsearch%3Fp%3Dhyaluronic%2Bacid%2Binjection%2Byoutube%26ei%3DUTF-8&fr=aaplw&turl=http%3A%2F%2Fts4.mm.bing.net%2Fth%3Fid%3DOVP.V23446f2bd1a32daaa695107089cfba66%26pid%3D15.1&rurl=https%3A%2F%2Fwww.youtube.com%2Fwatch%3Fv%3DTrdy0LZ3BcI&tit=Knee+Pain+Treatment+-+Hyaluronan+Injection+Therapy+for+…&l=145&vid=670a0eb739468d2cecc87a521a7db408&sigr=11brvcuev&sigb=12cupajeb&sigt=11qtj6rf6&sigi=12b5d1iqb

http://www.pdpersi.co.id/content/news.php?catid=9&mid=5&nid=1347

2017-09-19T03:29:23+00:00 November 5th, 2016|Health Info|
KECC Lebih Dekat dengan Anda!Download Sekarang!
+