Nutrisi Tepat Untuk Lansia Susah Makan!

//Nutrisi Tepat Untuk Lansia Susah Makan!

Nutrisi Tepat Untuk Lansia Susah Makan!

Lebih dari 50% Lansia di Indonesia mengalami gangguan makan. Hal ini wajar karena disebabkan oleh perubahan fisiologisnya, Agasjtya Wisjnu Wardhana, SpPD, FINASIM, Humas Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), mengatakan bahwa salah satu faktor yang menyebabkan lansia sulit untuk mengasup makanan karena adanya gangguan psiko kognitif di otak. “Ada penurunan kemampuan saraf pengecap, sehingga sulit membedakan rasa, atau taste yang berubah,” ujarnya dalam simposium PAPDI di RSCM.

Selain itu, pada lansia juga cenderung bermasalah dalam mengunyah, sebab giginya sudah banyak yang copot. Karena itu, setiap makanan yang masuk tidak terkunyah dengan baik dan langsung ditelan, sehingga makanan tersebut nyangkut di tenggorokan. Faktor lainnya adalah adanya produksi lendir yang melindungi lambung sudah berkurang otomatis, sehingga ada kecenderungan rasa penuh atau rasa mual. “Karena itu, pada orang tua penurunan nafsu makan lebih dikarenakan gangguan fisiologis,” ujar Wisjnu.

Pada dasarnya kebutuhan makanan pada lansia tidak sebanyak dengan orang normal. Jadi, kapanpun ia membutuhkan asupan,  lansia harus langsung makan. “Yang jelas makanan yang masuk ke tubuhnya  harus bersifat lunak, banyak mengandung serat,  karbohidrat kompleks, dan protein yang tinggi untuk meregenerasi. Selain itu, lansia juga tetap membutuhkan lemak sebagai cadangan energi agar tidak gampang loyo,” ujar Wisjnu.

Melihat kebutuhan itu PT. Kalbe Farma Tbk. Menghadirkan produk  Entramix,  yang merupakan Nutrisi Cair dengan gizi seimbang, kaya serat pangan dan lengkap dengan vitamin. Berbentuk serbuk cepat saji dengan 2 varian rasa yaitu coklat dan vanilla. Entramix juga dapat dikonsumsi dalam bentuk lain seperti pudding, campuran fla, kue, dll. Nah tunggu apalagi? Yuk turut menjaga kesehatan kedua orang tua kita. Dapatkan Entramix di apotek-apotek terdekat  atau melalui website ini.

Sumber :                                                                                                                                        

Kompashealth.com & gatra.com

http://doktersehat.com/penyebab-berubahnya-nafsu-makan-pada-lansia/#ixzz4iRS7zTCa

2017-09-18T09:09:54+00:00 May 29th, 2017|Health Info|