Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Lee.Y.P dan kawan-kawan yang dipublikasikan di The American Journal of Clinical Nutrition ditemukan bahwa substitusi roti gandum biasa dengan Roti gandum yang diperkaya dengan Lupin dalam konsumsi sehari-hari akan menurunkan tekanan darah.

Tepung inti lupin memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi, dan kandungan karbohidrat yang rendah. Penelitian dilakukan terhadap 74 pria dan wanita yang kelebihan berat badan pada usia rata-rata 57,9 dan memiliki BMI (Indek berat badan) 30.6 kg/m, selama 16 minggu. Peserta secara acak diperintahkan untuk mengganti 15-20% sumber energi mereka dengan roti putih atau roti dengan pengkayaan inti lupin. Pengujian tekanan darah dilakukan pada saat awal perlakuan dan setelah 16 minggu.

Peneliti menemukan bahwa pada kelompok lupin tekanan sistol dan diastol menurun hingga 3 dan 0.6 mmHg, pada kelompok ini juga terjadi penurunan tekanan denyut sebanyak 3.5 mmHg, tetapi tidak mengalami perubahan frekuensi denyut jantung. Peneliti menyimpulkan bahwa meningkatkan kandungan protein dan serat menggunakan inti lupin merupakan pendekatan diet yang mudah untuk mengurangi tekanan darah dan resiko penyakit jantung.

Read more: http://doktersehat.com/roti-yang-diperkaya-lupin-dapat-menurunkan-tekanan-darah/#ixzz34rJiqYqf