Menurunkan Kolesterol Secara Alami

//Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Menurunkan Kolesterol Secara Alami

MENURUNKAN KOLESTEROL SECARA ALAMI

Sebelum kita menemukan cara menurunkan kolesterol ada baiknya kita mengenal apa itu kolesterol. Kolesterol merupakan lemak dalam darah yang sebenernya dibutuhkan sel tubuh untuk membangun dinding sel dan membuat hormon.  Kolesterol juga merupakan satu komponen penting untuk membuat asam empedu, hormon steroid dan vitamin D., kolesterol juga diproduksi oleh tubuh dan didapat dari makanan sehari-hari.

Kolesterol pada dasarnya dibagi menjadi 2 yaitu, LDL (Low Density lipoprotein) dan HDL (High Density Lipoprotein). LDL sering dijuluki sebagai kolesterol jahat dan HDL kolesterol baiknya. Hal ini disebabkan LDL dapat menyebabkan resiko sakit jantung, stroke, dll sedangkan HDL mampu menekan resiko penyakit-penyakit tersebut.

Beberapa makanan ini dapat meningkatkan kadar HDL dan menekan kadar LDL Anda,

  1. Kacang kedelai atau produk olahan dari kedelai seperti tahu, tempe atau susu kedelai.
  2. Mengkonsumsi kacang-kacangan, kacang merah, kacang almond , walnut dll.
  3. Mengkonsumsi buah-buahan yang kaya kandungan pektin (menekan LDL), buah jeruk, apel, anggur, strawberry.
  4. Mengkonsumsi ikan atau makanan-makanan yang kaya akan Omega-3 (penekan LDL).
  5. Gandum adalah sereal begizi sebagai penurun kolesterol, trigliserida darah, dan mengatur kadar gula dalam darah. Kadar kolesterol dalam darah bisa diturunkan dengan mengonsumsi gandum. Gandum bisa ditemukan dalam roti yang terbuat dari bahan gandum.
  6. Bawang Putih. Bawang putih berefek positif terhadap kesehatan jantung serta menurunkan kolestrol tinggi. Konsumsi bawang putih bisa melalui campuran dalam salad atau rempah dalam menu makanan.
  7. Krill Oil (kandungan Omega-3 nya 3x lipat dibandingkan dengan fish oil). Terdapat dibeberapa suplemen yang beredar dipasaran (H2 Superba Krill Oil).

Jadi sebelum anda memutuskan untuk mengkonsumsi obat-obatan penurun kolesterol (golongan statin,dll). Cobalah dengan merubah pola makan anda dengan makanan yang bebas kolesterol dan makanan yang dapat menekan kolesterol jahat itu sendiri. Selain menjaga kesehatan jantung Anda, dengan pola makan dan hidup yang sehat, Anda juga akan terhindar dari penyakit penyakit metabolik lainnya seperti diabetes, stroke dan lain-lain.

2017-09-19T03:18:58+00:00November 5th, 2016|Health Info|
KECC Lebih Dekat dengan Anda!Download Sekarang!
+