Labu kuning ternyata tak hanya bisa jadi hiasan Halloween. Labu kuning juga punya manfaat untuk kesehatan anak. Apa saja manfaat labu kuning untuk si kecil?

Labu siam mungkin lebih sering dikonsumsi ketimbang labu kuning. Namun, bukan berarti nilai gizi labu kuning lebih rendah daripada labu siam. Si kuning yang identik dengan hiasan Halloween ini punya banyak manfaat untuk kesehatan anak. Penasaran dengan kebaikan yang bisa diberikannya pada anak Anda? Baca terus artikel ini.

Alternatif sumber vitamin A yang menyenangkan selain wortel

Jika anak Anda telah memasuki tahapan konsumsi MPASI (makanan pendamping ASI), labu kuning dapat dijadikan opsi pure untuk camilan si Kecil. Selain warnanya yang menarik (kuning cenderung oranye), labu kuning juga memiliki cita rasa manis yang disukai si Kecil. Tak hanya itu, dr. Karin Wiradarma, M.Gizi dari KlikDokter mengatakan bahwa labu kuning sangat kaya akan beta-karoten. Zat ini dapat dikonversi tubuh sebagai vitamin A yang sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan mata.

“Biasanya, anak-anak kurang suka dengan wortel. Nah, labu kuning dapat dijadikan alternatif wortel karena kandungannya yang hampir sama. Lagi pula, rasa labu kuning jauh lebih enak daripada wortel. Jadi, seharusnya anak akan lebih doyan, ya,” kata dr. Karin.

“Selain itu, lutein dan zeaxanthin juga terkandung dalam labu kuning. Kedua zat tersebut merupakan antioksidan yang kuat. Sehingga, labu kuning dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan si Kecil secara keseluruhan,” tambahnya. Lebih lengkapnya lagi, labu kuning juga mengandung kalsium, zat besi, kalium, zinc, serta vitamin C, D, dan E.

Deretan manfaat lain labu kuning

Selain berguna untuk kesehatan mata, masih ada deretan manfaat lain labu kuning untuk kesehatan si Kecil, yaitu:

· Rendah kalori, tinggi serat

Anda yang ingin memberikan labu kuning sebagai camilan juga tak perlu khawatir si Kecil akan mengalami obesitas. Sebab, labu kuning memiliki kalori yang sedikit, tetapi kaya akan serat. Tingginya serat pada labu kuning berkhasiat untuk menjaga kelancaran sistem pencernaan si Kecil. Kaya akan kandungan serat, labu kuning juga memberikan efek kenyang lebih lama pada si Kecil yang berusia sekolah dasar. Dengan efek kenyang lebih lama, ia tidak akan mudah tergiur dengan jajanan yang tak sehat. Otomatis si Kecil tak akan mudah terkena penyakit.

· Meningkatkan kualitas kesehatan kulit

Labu kuning juga berkhasiat untuk merawat kulit si Kecil. Kandungan beta-karoten dalam labu menghasilkan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dan mencegah radiasi dari sinar UV. Sementara, vitamin C pada labu kuning juga berpengaruh terhadap proses pembentukan kolagen agar kulit bayi selalu kenyal dan sehat.

· Meningkatkan daya tahan tubuh

Bukan cuma buah-buahan asam saja, lho, yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Labu kuning pun dapat memperbaiki daya tahan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit, terutama penyakit menular seperti flu. Labu kuning memiliki kadar vitamin C sebanyak 20 persen dari jumlah asupan harian yang disarankan pada si Kecil. Jika si Kecil sedang diganggu batuk dan pilek, Anda bisa membuatkannya pure atau sup labu kuning agar si Kecil lebih cepat sembuh.

· Si Kecil bisa tidur lebih nyenyak

Tak cuma orang dewasa, anak-anak bisa juga terkena gangguan tidur dan membuat kualitas istirahatnya terganggu. Selain memberikannya susu putih hangat sebelum tidur, Anda juga dapat memberikan labu kuning sebagai alternatifnya. Pasalnya, labu kuning memiliki zat tryptophan, yakni asam amino esensial yang dapat membantu tubuh si Kecil memproduksi hormon serotonin. Hormon ini berfungsi untuk mengelola suasana hati, membuat tidur lebih nyenyak, sekaligus membuat lebih tenang.

Beberapa manfaat labu kuning untuk kesehatan anak tersebut sebenarnya dapat pula dirasakan orang dewasa. Untuk itu, labu kuning dapat dijadikan camilan sehat bagi semua orang. Khusus anak-anak, labu kuning dapat dibuat menjadi pure, sup, atau dijadikan bola-bola. Cobalah bikin kreasi semenarik mungkin, dijamin, si Kecil akan sulit untuk menolaknya.

Sumber : Klikdokter