Kamu team ‘Early Bird’ atau ‘Night Owl’? Pasti diantara kita pernah dihadapi oleh pertanyaan ini. Sesuai dengan namanya, gaya hidup antara ‘Early Bird’ dan ‘Night Owl’ sangat bertolak belakang. Team ‘Early Bird’ biasanya lebih aktif di pagi hari sedangkan ‘Night Owl’ lebih aktif di malam hari, oleh karena itu tipe orang ‘Night Owl’ cenderung mengantuk di pagi hari karena bisa jadi mereka belum tidur sama sekali akibat begadang. Buat Sahabat KECC yang termasuk sebagai Team ‘Night Owl’, kalian perlu berhati-hati dengan sindrom tidur DSPS (Delayed Sleep Phase Syndrome). Penderita sindrom ini biasanya memiliki kesulitan mengatur jadwal tidur normal sehingga mereka cenderung lebih bisa tidur di pagi hari dan bangun di malam hari. Mirip seperti ‘Night Owl’ bukan? Masalah tidak bisa tidur ini akan berdampak pada kualitas tidur yang rendah sehingga menyebabkan hilangnya fokus, menurunnya imunitas tubuh, dan menimbulkan rasa kantuk di siang hari, sedangkan siang hari merupakan waktu produktif untuk kamu yang sedang belajar maupun kerja.

Mengatasi rasa kantuk di waktu produktif memang sangatlah sulit. Fokus yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan harian menjadi hilang. Menurut penelitian yang ada, asupan vitamin B6 dan B12 memiliki pengaruh yang dominan terhadap kualitas tidur seseorang. Asupan vitamin B6 atau biasa disebut sebagai vitamin neurotropik diketahui akan berikatan dengan sistem saraf yang dapat mempengaruhi kualitas tidur. Begitu pula dengan asupan vitamin B12, penelitian dari Jepang mengatakan terdapat asosiasi yang baik antara kandungan vitamin B12 dengan kualitas tidur seseorang. Kadar vitamin B12 yang rendah akan berdampak pada rendahnya kualitas tidur seperti suka terbangun berkali-kali saat tidur.

Sumber asupan B6 dan B12 yang dibutuhkan dalam meningkatkan kualitas tidur, bisa didapatkan dari sumber hewani seperti daging dan susu maupun sumber nabati seperti kacang hijau. Namun, asupan ini bisa didapatkan juga dari suplemen yang mengandung vitamin B6 dan B12. Salah satu contoh suplemen yang telah beredar di pasaran adalah Forneuro. Kandungan vitamin B6 dan B12 pada suplemen ini dapat membantu memperbaiki kualitas tidur sekaligus memberikan manfaat kesehatan lain seperti mencegah pegal, lelah, kram, kesemutan, dan pegal pada otot.

Memang sebenarnya waktu produktif dan fokus setiap orang berbeda-beda, namun Sahabat KECC yang ada di Team ‘Night Owl’ perlu berhati-hati juga dengan dampak negatif yang mungkin ditimbulkan akibat sering begadang ya! Stay Safe and Healthy Sobat KeCe 😉