Pekan Alergi Sedunia atau World Allergy Week merupakan acara tahunan yang diselenggarakan untuk meningkatkan kesadaran akan penyakit alergi dan kondisi medis terkait lainnya. Tahun ini Pekan Alergi Sedunia diselenggarakan pada tanggal 5 – 11 Juni 2022 dengan tema “Breathe Better: The Asthma & Allergy Connection”. Pemilihan tema yang ditentukan oleh World Allergy Organization (WAO) tahun ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait hubungan antara penyakit asma dan alergi saluran pernapasan, serta pentingnya bagi dokter dan pasien untuk memahami dan mengelola kedua penyakit tersebut.

Penyakit asma dan alergi pada saluran pernapasan sering terjadi secara bersamaan dimana telah dilaporkan sebanyak 38% pasien asma mempunyai rhinitis alergi (alergi saluran pernapasan bagian atas). Alergi saluran pernapasan dibedakan menjadi 2 bagian yaitu reaksi alergi di saluran pernapasan bagian atas dan bagian bawah. Saluran pernapasan bagian atas terdiri atas sinus, hidung, mulut, dan tenggorokan. Sedangkan bagian bawah saluran pernapasan meliputi batang tenggorokan, saluran bronkial dan paru-paru. Penyakit rhinitis alergi disebabkan oleh reaksi alergi pada saluran napas bagian atas yang dapat menyebabkan gejala seperti bersin, pilek, hidung gatal dan tersumbat, serta batuk. Sedangkan untuk penyakit asma sendiri disebabkan karena reaksi alergi pada saluran napas bagian bawah yang mengakibatkan kesulitan bernapas, mengi (istilah untuk suara khas seperti siulan nyaring yang terdengar saat seseorang menarik atau menghembuskan napas), batuk, dahak, dan gejala pernapasan lainnya.

Pasien asma dengan alergi saluran napas bagian atas (rhinitis alergi) atau penyakit alergi lain dapat memperburuk asma jika tidak diobati secara benar. Mengobati gejala di saluran pernapasan bagian atas dan bawah dapat membantu mengendalikan penyakit asma dan alergi. Contoh alergen umum dan pemicu kejadian alergi dari lingkungan adalah tungau, debu, serbuk sari, bulu binatang, asap rokok, infeksi virus, polusi udara, udara dingin, dan stress.

Segera konsultasikan diri Anda dengan dokter jika terdapat gejala seperti di atas agar mendapatkan pilihan pengobatan yang sesuai untuk kondisi alergi dan asma Anda supaya dapat ditangani dengan baik.

 

 

REFERENSI 

Worldallergy.org. (2022, 09 Juni). Breathe better: The asthma & allergy connection. <https://www.worldallergy.org/resources/world-allergy/2022>